Yuk Kenalan Dengan Paxel

100d491f07ea7c79cc95bab336942024_bg-about-who-are-we-1024x588
dok: Paxel.com

 

Persaingan industri jasa pengiriman barang di Indonesia semakin  ketat. Pasalnya jumlah perusahaan yang bergerak di bidang tersebut semakin banyak dan berbagai macam jenisnya. Oleh karena itu, jasa pengiriman paket harus mempunyai strategi tersendiri dan gigih dalam menghadapi persaingan bisnis dengan kompetitornya. Pada era milelniia dan digital sekarang, banyaknya pengguna smart phone dan internet, jumlah transaksi online meningkat dengan tajam di Indonesia, apalagi para pemain bisnis inipun semakin banyak dengan beragam barang yang ditawarkan. Contoh:  buku, pakaian, makanan, hingga kendaraan pun bisa di order dengan online.

Dampak perkembangan bisnis online yang pesat ini , bukan hanya pebisnis dan pedagang yang diuntungkan, tapi juga merambah ke jasa pengiriman barang. Barang yang dibeli biasanya dikirim dari tempat yang jauh, sehingga membutuhkan  suatu jasa pengiriman barang yang dapat dipercaya untuk mengirimkan paket tepat waktu dan kondisi barang tersebut utuh atau baik. Jadi persaingan kirim pun harus mengikuti trend online.

Saya pun melihat sendiri bagaimana ketatnya bisnis pengiriman barang ini karena dulu pada tahun 2012, saya sempat bekerja di salah satu shipping company di Yogyakarta. Kala itu konsumen sudah memulai bisnis onlinenya menggunakan facebook dan chat via bbm. Sekedar cerita flashback, jaman dulu masih susah sekali untuk melihat posisi dimana barang itu karena sistemnya belum online dan tidak seperti sekarang ini. Jadi ya masih manual. Saya pun harus menelepon kesana kemari, posisi paket berada di mana. Nah semakin berkembangnya jaman dan teknologi semakin baik, ada sebuah jasa pengiriman paket yang memudahkan melihat posisi dimana paket kita berada. Contohnya Paxel.

Beberapa hari lalu dalam cuaca yang panas di lantai tiga Ling-Lung café tidak menyurutkan semangat para blogger Jogja untuk mengikuti acara blogger gath yang diselenggarakan oleh Paxel.  Sabtu siang, 24 November 2018, acara  tersebut diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya . Sepandang mata jauh memandang tampak beberapa perserta sibuk dengan gadget dan kamera mereka masing-masing dalam ruangan tersebut. Tidak usah panjang-panjang ceritanya, langsung kenalan dengan Paxel yuk !

IMG-20181125-WA0006
Blogger Gath. Dok: Koind

Apa itu Paxel?

Paxel adalah jasa pengiriman logistik atau delivery service. Paxel didirikan oleh Bryant Christianto selaku Co-Founder Paxel. Saat ini Paxel telah beroperasi di kawasan Jabodetabek, Bandung , Semarang dan Yogyakarta. Paxel yang mempunyai motto “Antarkan Kebaikan” ini ini didapat dari Bapak DJohari Zein selaku founder GBMI (Global Basket Mulia Investama/ Holding Paxel). Beliau mengatakan bahwa segala sesuatu yang dibangun berdasarkan kebaikan, akan sukses dengan baik. Pak Djohari mendapatkan ide bisnis Paxel ini, ketika sedang melakukan ibadah suci  di Mekkah. Paxel ini juga memiliki empat jenis model bisnis yaitu:

  1. Door to door
  2. Door to locker
  3. Locker to home
  4. Locker to locker
IMG-20181125-WA0033.jpg
Bapak Djohari Zein. Dok : Koind

Keunggulan Paxel

Paxel mempunyai keunggulan dan jasa pengiriman yang berbeda dengan exspedisi company lain. Paxel ini merupakan jasa pengiriman paket yang berbasis aplikasi dan mengusung same day same service dengan ongkos kirim paket flat. Jadi biaya kirim paket tidak dihitung berdasarkan jarak kilometer tetapi tarif flat berdasarkan standar paket yang ditetapkan oleh Paxel. Keunikan lain dari Paxel adalah para konsumen bisa mengecek secara real time posisi paket mereka setelah diterima tangan kurir hingga ke penerima paket. So, kita hanya perlu melakukan pengiriman dari rumah atau kantor, melalui aplikasi. Nanti mas –mas Hero (sebutan untuk kurir Paxel) akan datang ambil barang yang kita kirim.

Screenshot_20181125-100935_Paxel
Track posisi barang. Dok: pribadi

Jasa pengiriman yang mempunyai ciri khas warna kuning dan ungu ini juga  memberikan tarif flat kepada konsumennya sehingga harga ongkos kirim menjadi lebih pasti. Ongkos kirim tersebut dihitung secara Parcel Sizes atau ukuran paket. Ada 3 (tiga) parcel sizes yang disediakan yakni Small (20x11x7 cm), Medium (27x21x12 cm) dan Large (35x30x20 cm) serta Custom. Khusus untuk custom, tarif akan menyesuaikan ukuran yang kita masukan di aplikasi sehingga para konsumen tidak perlu bingung untuk menghitung seperti jasa pengiriman kebanyakan.

Barang Apa Saja Yang Boleh Dikirim Dengan Paxel?

Keunggulan lain dari Paxel adalah bisa mengirim frozen food. Barang-barang lain selain mengandung cairan , sayuran, senjata (jelas lah), serta barang-barang yang membahayakan lainnya. Paxel juga memberikan asuransi pada setiap pengiriman. Kedepannya, Paxel akan meyediakan layanan same day delivery ke seluruh kota di Indonesia.

20181127_183156
sample food. Dok : Paxel.co

Pengalaman Mencoba Paxel

Pengalaman mencoba menggunakan Paxel, barangnya terlambat sampai keesokan harinya. Tetapi barang saya masih rapi dan bungkusnya juga masih bagus. Untuk awal mula konsumen harus memaklumi karena Paxel di Yogyakarta baru mempunyai beberapa kurir saja. Jika paketnya terlambat datang, saldo akan di refund. Waktu itu saldo saya sudah berkurang, namun karena barang terlambat datang, otomatis saldo kembali  seperti semula.

Nah, jika kalian penasaran dan tertarik untuk mengirim paket dengan Paxel silahkan download aplikasinya terlebih dahulu di playstore atau Google Play di gadget kesayangan kalian. Kemudian kalian akan mendapatkan saldo gratis sebesar Rp. 100.000, jikalau menggunakan kode ini @yuliasujarwo. Selamat mencoba!

IMG_20181126_080638
Thank You Paxel, selalu Antarkan Kebaikan. Dok : Pribadi

 

 

 

 

3 Comments Add yours

  1. Paling suka sama refundnya yang cepet

    Liked by 1 person

  2. Wah baru tahu kl mb yulia pernah kerja di ekspedisi.. Pola layanan paxel memberi kemudahan kpd penjual maupun pembeli ya.. Jadi ga bingung posisi paket dan kapan paket sampai..

    Liked by 1 person

  3. Latifah says:

    Asiik bisa kirim makanan same day dong

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s